Rabu, 10 Juli 2013

Laporan Perjalanan WBL

lambang wbl.jpgLaporan Perjalanan ke















Oleh : Nanda Putri Rahmania
VIIIF/ 04


Kata Pengantar
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Puji syukur saya panjatkan atas kehadirat Allah SWT, karena tanpa rahmat, petunjuk, karunia, dan hidayahNya laporan hasil penelitian ini tidak dapat terselesaikan dengan baik dan tepat waktu.
Tidak lupa kami ucapkan terima kasih sebanyak – banyaknya kepada seluruh pihak yang telah membantu kami dalam menyelesaikan laporan ini, diantaranya Ayah dan Ibu saya yang telah memberikan dukungan dan membiayai seluruh kebutuhan saya dalam menyelesaikan laporan ini, serta rekan – rekan ataupun pihak – pihak yang tidak kami sebutkan dimana secara tidak langsung mereka telah membantu saya menyelesaikan laporan ini.
Laporan ini saya beri judul “ Laporan Perjalanan ke WBL ”, yang berisi tentang perjalanan saya ke Wisata Bahari Lamongan
Akhir kata,saya selaku penyusun laporan mengucapkan terima kasih. Mohon maaf apabila ada kesalahan penulisan dalam laporan ini.
Wassalamualaikum Wr. Wb.



Banyuwangi, September 2012
                                                                                                           

Penyusun
Daftar Isi
Kata Pengatar........................................................................................................................2
DaftarIsi.................................................................................................................................3
Pendahuluan..........................................................................................................................4
Latar Belakang, Tujuan, Manfaat...........................................................................................5
Daftar Kegiatan......................................................................................................................6
Isi Laporan..............................................................................................................................7
Gambar................................................................................................................................10
Kesimpulan..........................................................................................................................11
Penutup...............................................................................................................................12










Pendahuluan
Puji Syukur saya panjatkan kehadirat Allah Subhanahu wata’ala karena berkat rahmat dan hiadayah-Nya saya dapat menyelesaikan Laporan Perjalanan ke Wisata Bahari Lamongan. Laporan ini dibuat untuk memenuhi tugas Bahasa Indonesia.

               Laporan ini berisi tentang Perjalanan saya ke Wisata Bahari Lamongan. Selain itu juga berisi berbagai macam wahana di Wisata Bahari Lamongan. Indahnya Goa Maharani dengan Stalakmit dan Stalaktitnya. Serunya berbelanja di Jembatan Merah Plaza. Dan keindahan Jembatan Suramadu yang termasuk jembatan terpanjang se-Asia.
Terimakasih kepada Ayah dan Ibu  yang telah membantu saya menyelesaikan laporan ini. Serta rekan – rekan ataupun pihak – pihak yang tidak saya sebutkan dimana secara tidak langsung mereka telah membantu saya menyelesaikan laporan ini.
Akhir kata saya ucapkan terimakasih, mohon maaf jika ada kesalahan tulisan, dan semoga laporan saya ini dapat bermanfaaat bagi kalian.





Banyuwangi, September 2012
                                                                                                           

Penyusun

Latar Belakang Kegiatan
            Awalnya saya pergi ke Wisata Bahari Lamongan ini dalam rangka pensiunan 2 orang pegawai Puskesmas Sobo, yaitu Pak Dim dan Bu Tulus.
Tujuan Kegiatan
            Untuk perpisahan pegawai yang pensiun. Dan untuk liburan keluarga Puskesmas Sobo.
Manfaat
Untuk meramaikan perpisahan Pak Dim dan Bu Tulus yang pensiun.












Daftar Kegiatan
No
Acara
Jam
1.
Berangkat
22.00
2.
Sampai di Lamongan
04.30
3.
Sarapan + Mandi
07.00
4.
Pergi ke WBL
09.00
5.
Pergi ke Goa Maharani
13.00
6.
JMP
14.00
7.
Suramadu
17.00
8
Pulang
18.00













Isi Laporan
Maret 2011 saya dan keluarga besar Puskesmas Sobo  Banyuwangi berwisata ke Wisata Bahari Lamongan. Dalam rangka perpisahan Pak Dim dan Bu Tulus yang pensiun pada tahun 2011. Seluruh keluarga Puskesmas Sobo Banyuwangi ikut ke Wisata Bahari Lamongan dan turut meramaikan acara pensiunan Pak Dim dan Bu Tulus. Bahkan banyak yang mengajak keluarga masing-masing.
Untuk perjalan ke Wisata Bahari Lamongan, Puskesmas Sobo menyewa sebuah bus wisata. Sekitar pukul 22.00 kami berangkat dari Banyuwangi. Wisata ke WBL ini bukan kali pertama bagiku dan ibuku. Ini adalah kali ke2 kami ke WBL.
Di dalam bus aku duduk disampik Tante Misri. Selama di perjalanan, waktu aku habiskan untuk mengobrol dan smsan dengan teman-temanku. Di perjalanan aku dan keluarga besar Puskesmas Sobo sulit sekali untuk tidur. Bukan karena jalan yang ramai ataupun bergeronjal, dan bukan karena suasana malam yang dingin dan gelap yang membuat kami takut, melainkan karena Bude Win menanyanyi dan menari tidak jelas membuat kami terhibur dalam perjalanan. Dan jika Bude Win sudah capek untuk beraksi di atas bus yang berjalan ini, dia duduk sedangkan kami semua mendengarkan lagu Osing. Bukan lagu Osing yang berjudul Umbul-umbul Belambangan ataupun Cengkir Gading, melainkan lagu yang dinyanyikan oleh Catur Arum dan lain-lainnya.
Beberapa saat kemudian hampir semua orang di dalam bus tertidur kecuali bapak-bapak yang memang sudah biasa tidur malam. Saat tertidur pulas aku berulangkali bangun-tidur karena mendengar ibuku mual-mual. Ibuku mual-mual karena tidak biasa menaiki bus. Padahal bus ini sudah dibuat senyaman mungkin dan ber-AC.
Hal yang aku takutkan terjadi, saat tertidur aku mendengar suara sopir berkata kepada kepada kernetnya jika kita salah jalan. Aku khawatir, jika kita tidak selamat sampai tujuan. Aku ingin menangis namun aku tidak mau orang-orang tau dan membuat suasana menjadi lebih cemas. Aku memejamkan mataku berusaha untuk tidur dan berharap ini adalah sebuah mimpi.
Ketika bangun aku sudah sampai di Masjid yang lumayan besar, aku mendengar orang-orang bilang jika kita hampir sampai di Wisata Bahari Lamongan. Aku sangat senang, karena kita hampir sampai tempat tujuan dengan selamat. Kita semua berhenti untuk shalat subuh dan sekedar buang air kecil.
Sekitar jam 07.00 kami sudah sampai di sebrang Wisata Bahari Lamongan. Tepat d sebrang WBL ada rumah makan Solo dan fasilitas kamar mandi. Semua rombongan Puskesmas Sobo mandi di Rumah Makan itu. Jika kalian pergi ke Lamongan untuk menggosok gigi, kalian gunakan air mineral saja, karena rasa air di Lamongan ini agak aneh. Dan tidak sesegar air di Banyuwangi. Setelah makan kami langsung ke Wisata Bahari Lamongan.
Di dalam Wisata Bahari Lamongan pertama kita akan melewati pasar yang tertata rapi, tidak seperti di Banyuwangi yang kotor dan berdesak-desakan. Sudah menjadi tradisi, jika kita mengunjungi tempat wisata ataupun kota/daerah kita membeli oleh-oleh. Entah itu perhiasan, baju, atau makanan.
Setelah puas membeli baju kami mengambil ticket, lalu menuju ke berbagai wahana yang ada. Ada lebih dari 50 wahana di WBL ini. Seperti Rumah Kucing, Rumah Sakit Hantu, Rumah kaca, Rumah Bajak Laut, Rumah Air, dan lain-lain.
Setelah mencoba wahana yang ada dan basah karena masuk Rumah Air, kami langsung menuju Goa Maharani yang letaknya tidak jauh dari Wisata Bahari Lamongan. Di dalam goa Maharani banyak lampu yang menghiasi stalakmit atupun stalaktit disana. Karena sifat kejailanku, aku mencoba tetesan air yang jatuh dari langit-langit goa. Rasanya asin namun tidak seasin air garam.
Seusai melihat goa maharani, kami semua langsung menuju bus dan mengemasi barang-barang  untuk pulang. Kami mampir ke mall JMP(Jembatan Merah Plaza) untuk membeli oleh-oleh. JMP adalah sebuah pasar modern yang jauh lebih bersih daripada pasar tradisonal. Namun untuk harganya, pasar tradisional memang lebih murah daripada pasar modern. Pada malam harinya kami mampir ke Jembatan Suramadu. Lampu-lampu bekerlap kerlup menghiasi menara jembatan. Setelah sampai di madura kami balik arah, karena tujuan kami ke Banyuwangi bukan ke Madura. Kami melewati jembatan Suramadu karena hanya ingin melihat indahnya jembatan terpanjang se-Asia.
Sekitar jam 03.00 kami semua sudah sampai di depan Puskesmas Sobo dan segera pulang ke rumah masing-masing. Aku bersyukur karena dapat sampai di Banyuwangi dengan selamat. Semoga isi Laporanku ini dapat bermanfaat bagi kalian J.
















Gambar






goa-maharani.jpg











Kesimpulan
Pada bulan Maret 2012 aku dan keluarga besar Puskesmas Sobo dalam rangka pensiunan Pak Dim dan Bu Tulus. Acara perpisahan ini diadakan di Wisata Bahari Lamongan. Selain ke WBL kami semua juga ke Goa Maharani, Jembatan Merah Plaza, dan Jembatan Suramadu. Dan untuk kalian yang ingin berlibur ke Surabaya ataupun Lamongan jangan lupa untuk mengunjungi Wisata Bahari Lamongan dan Jembatan Suramadu yang termasuk Jembatan terpanjang se-Asia.




Banyuwangi, September 2012
                                                                                                           

Penyusun







Penutup
Terimakasih karena anda sudah membaca Laporan Perjalanan saya ini. Semoga Laporan ini dapat bermanfaat bagi kalian yang membacanya. Akhir kata saya mohon maaf jika ada kesalahan tulis dan terimakasih J

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar